Parameter Manusia yang Dicintai Allah

Puji serta syukur, akhirnya saya dapat menulis di blog ini dalam keadaan sehat walafiat atas kebesaran Allah SWT.

Sahabat semua, saya sekedar berbagi atas apa yang saya dapat malam sabtu kemarin. Berikut ringkasan materi pada acara MABIT (Malam Bina Iman dan Takwa) di Masjid Salman ITB, tanggal 5 Februari 2016. Tema yang diangkat yaitu “Kebermanfaatan” yang disampaikan oleh Ustad M. Yani, S.H.

Beliau menjelaskan bahwa manusia hendaknya memiliki kebermanfaatan untuk manusia yang lainnya. Kebermanfaat ini dapat diukur dalam tiga kategori yaitu, baik, benar, dan manfaat. Usaha dan ikhtiar dari manusia untuk mencapai ke dalam ketiga kategori itu tetap dicatat oleh Allah SWT. Allah sangat mencintai makhluk-Nya yang senantiasa beribadah kepada-Nya.

Perbedaan manusia yang dicintai, kurang, atau tidak dicintai Allah SWT tidak dilihat dari apa yang nampak oleh mata, tetapi Allah mempunyai pandangan tersendiri. Tidak semua doa yang kita tujukan kepada Allah langsung di acc, tapi ada prosesnya. Berikut tata cara yang baik agar Allah senantiasa mengabulkan pemintaan doa kita:
1)     Jika berdoa, hendaknya dengan menggunakan Dzat, bukan sifat.
2)     Jika banyak sekali permintaan yang diajukan, hendaklah dengan menyertai              sifat wajib bagi Allah (dalam hati)
3)     Jika berdoa, boleh saja menyebut nama Allah, tetapi tidak bermaksud untuk          meminta.

Allah pasti mengetahui apa yang manusia butuhkan, bukan yang diinginkan. Hendaklah kita sebagai manusia patut bersyukur atas apa yang diberikan oleh Allah. Trik agar dicintai Allah dan Rasul yaitu sebagai berikut:
1)      Istiqamah dalam ibadah
2)      Riyadho/latihan dalam ibadah
3)      Memperbanyak shalawat
4)      Menjaga wudhu

Terdapat 3 istilah untuk menyebutkan manusia, yaitu:
1)      Basyar (fisik manusia) à (QS. Yusuf: 53 dan QS. Qiyamah:2)
2)      Insaan (Bathiniah)

3)      An-nas (peradaban: komunitas sosial)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuktian Operasi Matriks ^_^

UTS Bimbingan dan Konseling MKDU UPI

Kunci Jawaban Soal Pretes, Postes, dan Jurnal Pelatihan ASN BERAKHLAK 2024 (SISTAPRAJA)