PKM di Genggaman Kita, UPI Harus Juara!

Siapakah yang tidak tahu PKM??? PKM merupakan istilah yang sangat dekat dengan mahasiswa, apalagi mahasiswa yang memiliki jiwa riset atau kepenelitian yang tinggi. PKM singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh DIKTI dengan tujuan utama sebagai salah satu wadah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa sehingga bermanfaat di lingkungan masyarakat.
Tahun 2015 ini telah dibuka pendaftaran dan penguploadan PKM 5 Bidang. Apa saja itu?

1.      PKM-M  (Bidang Masyarakat)
2.      PKM-P (Bidang Penelitian)
3.      PKM-T (Bidang Teknologi)
4.      PKM-KC (Bidang Karya Cipta)
5.      PKM-W (Bidang Wirausaha)

Deadline penguploadan PKM yaitu tanggal 10 Oktober 2015. Oleh karena itu, mahasiswa khususnya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sedang gencar-gencarnya membuat PKM. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi dan peningkatan motivasi mahasiswa, kami Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektual Mahasiswa (LEPPIM) UPI setiap tahunnya memfasilitasi mahasiswa UPI untuk berkontribusi dalam PKM yaitu dengan mengadakan Workhsop PKM yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 September 2015.

Meskipun begitu, terdapat banyak kendala dalam kegiatan PKM dari UPI menuju PIMNAS. Sebenarnya banyak sekali mahasiswa yang registrasi atau pengajuan proposal. Namun yang lolos menuju PIMNAS hanya sedikit. Perlu adanya terobosan baru untuk membobol PIMNAS sehingga mahasiswa UPI menjadi juara di PIMNAS.

Tanggal 10 September 2015, Direktur LEPPIM UPI yaitu Yohanes Tri Adi bersama pembimbing UKM, Firman Aziz, M.Pd dan keempat rekannya Agus Juhana (Pend. T. Elektro), Hani Nurhasanah (Pend. Matematika), Rosdiyana (Pend. T. Mesin), dan Iis Sa’diyah (Pend. Agrobisnis) melakukan audiensi dengan Wakil Rektor 1 Bidang Kemahasiswaan dan Akademik untuk mendidkusikan mengenai atmosfer PKM di UPI.

Prof. Dr. H. R. Asep Kadarrohman, M.Si sebagai WR 1 menjelaskan bahwa mahasiswa tidak tahu strategi bagaimana agar lolos PIMNAS. Seharusnya sebagai mahasiswa harus Intelektual Kapitalis. Knowledge is Power, jadikan pengetahuan dalam perkuliahan sebagai bekal dalam penelitian. Mahasiswa agar termotivasi dalam penelitian harus diberikan makanan sesuai dengan kesukaannya. Diharapkan dengan diadakannya Workhsop PKM yang diadakan oleh LEPPIM UPI, mahasiswa dapat terpancing untuk melakukan penelitian yang dijadikan sebagai proposal PKM.


Prof. Dr. H. R. Asep Kadarrohman, M.Si sebagai WR 1




Selain itu, Direktur LEPPIM memaparkan bahwa kesulitan yang dihadapi mahasiswa yaitu bimbingan dan arahan dari dosen pembimbing proposal. Beberapa kesulitan yang lain pun diutarakan kepada WR 1 untuk kedepannya ditindak lanjuti menuju UPI yang lebih baik.

Audiensi LEPPIM UPI dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Akademik


Motto LEPPIM UPI agar selalu juara di PIMNAS yaitu:

“UPI Emas, Jawara PIMNAS”

Motto tersebut dijadikan sebagai penyemangat bahwa UPI pasti bisa lolos PIMNAS dengan kuantitas dan kualitas yang mengharumkan nama Universitas.


Created by: Hani Nurhasanah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuktian Operasi Matriks ^_^

UTS Bimbingan dan Konseling MKDU UPI

Kunci Jawaban Soal Pretes, Postes, dan Jurnal Pelatihan ASN BERAKHLAK 2024 (SISTAPRAJA)