Pancasila Sebagai Revolusi Mental pendidikan

Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu universitas yang ada di Indonesiadengan Ranah utama yaitu pendidikan. UPI memiliki motto Religius, Ilmiah, dan Edukatif. Dengan maksud menciptakan peradaban bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, UPI sebagai universitas di sektor pendidikan harus melakukan revolusi mental sebagai penggerak peradaban bangsa dengan diwujudjan melalui karakter bangsa yang kuat dengan landasan 'Pancasila'.

Pemateri Pertama



"Revitalisasi & Aktualisasi Pancasila dalam rangka penguatan karakter Bangsa" adalah tema yang di usung dalam kegiatan yang diafakan oleh UPI sebagai bentuk memasyarakatkan pancasila fi lingkungan Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2015, pukul 08.00 s.d. 15.30 di audit JICA FPMUPA UPI. Para peserta merupakan petwakilan mahasiswa UKM dan Himpunan serta tamu undangan baik kampus daerah maupun kampus Bumi SILIWANGI.


Dr. Ir. Sapto Supono, M.Pd dalam penyampaian materi

Pemateri dalam kegiatan ini diantaranya Dr. Ir. Sapto Supono, M.Pd., dr. Mufid Hidayat, M.Ag, Prof. Dr. Juntika Nurikhsan, M.Pd. dr. Syahidin, M.Pd. Satu hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa yaitu pentingnya pendidikan dengan rasa "Cinta & Kasih Sayang". Tugas pendidik yaitu mencerdaskan, membantu, memfasilitasi, mengembangkan potensi manusia serta bersyukur kepada Allah SWT. sehingga memiliki karakter yang kuat dan berguna bagi Nusa dan Bangsa.

Peserta Kegiatan Revitalisasi & Aktualisasi Pancasila
 dalam rangka penguatan karakter Bangsa"

Sebenarnya apa pengertian karakter????
Karakter adalah perilaku yang dilandasi oleh nilai - nilai berdasarkan norma agama,kebudayaan, hukum/konstitusi, adat istiadat dan estetika.

(Sumber: Handout Seminar Pancasila)

Dengan adanya karakter di Indonesia insya Allah moral dengan jiwa nasionalisme yang tinggi. Aamiin

"Anda tidak dapat mengulangi waktu yang sudah terlewatkan namun Anda dapat mengenangnya ". (Bonnie Prudden)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuktian Operasi Matriks ^_^

UTS Bimbingan dan Konseling MKDU UPI

Kunci Jawaban Soal Pretes, Postes, dan Jurnal Pelatihan ASN BERAKHLAK 2024 (SISTAPRAJA)