RESENSI FILM

“PERLINDUNGAN DAN KESELAMATAN”

Oleh Hani Nurhasanah


            reated and Produced at Walt Disnev Animation Studios
Directed by Don Hall & Chris Williams
Produced by Roy Conly
Durasi Film           : 01:4151

Hiro Hamada adalah anak kecil yang sangat jenius. Karena kejeniusannya di usianya yang ke-14, ia telah lulus sekolah menengah atas hamper bersamaan dengan kakaknya yang sedang menginjak di bangku perkuliahan. Hiro menganggap bahwa kuliah itu identik dengan kutu buku, penuh dengan anak-anak yang kuper. Namun ketika kakaknya yaitu Tadashi Hamada mengajak Hiro ke kampusnya, ia sangat terkesan ternyata ada begitu banyak robot-robot yang sangat canggih. Ia sangat tertarik dan ingin masuk kuliah bersama dengan kakaknya. Dan bersama teman-teman barunya Gogo, Wasabi, Fred, dan Honey Lemon, yang tiada lain sahabat dekat kakaknya. Bibi Cass sangat mengapresiasi Hiro untuk masuk ke perguruan tinggi bersama kakaknya. Bibi Cass lah yang merawat Hiro dan Tadashi ketika kedua orangtua Hiro meninggal ketika Hiro berumur 3 tahun. Maka tak heran jika Bibi Cass sangat sayang kepada mereka berdua.

Tibalah acara pameran mahasiswa. Hiro akan mempertunjukkan robot ciptaannya yaitu microbot ke semua orang. Dengan hasil ciptaannya Robert Callaghan dan Alastair Krei sangat tertarik terhadap hasil temuannya. Namun sayang, tiba-tiba ada insiden yang mengerikan. Pameran mahasiswa terbakar, dan beberapa orang terluka parah, bahkan ada yang meninggal termasuk Tadashi. Kejadian itu membuat Hiro putus semangat dan enggan untuk melanjutkan kuliahnya, meskipun Bibi Cass dan sahabat-sahabatnya terus mengajak Hiro.

Baymax hasil ciptaan Tadashi tiba-tiba muncul ditengah kesedihan Hiro. Kemunculannya membuat semuanya berubah 360 derajat. Dengan kemampuan Baymax untuk menjaga kesehatan Hiro ternyata mampu mengarahkan Hiro melihat kejadian yang sebenarnya. Ternyata kecelakaan dan kebakaran di Pameran mahasiswa yang menyebabkan tewasnya Tadashi adalah ulah Dosen Perguruan Tinggi yaitu Robert Callaghan. Dibantu dengan sahabat yang setia bersama Baymax akhirnya Hiro mampu membongkar kejahatan Robert Callaghan.


Hiro dan sahabat-sahabatnya merupakan Big Hiro yang diimpikan oleh Tadashi Hamada kakak Hiro yang sangat baik. Meskipun telah meninggal, Tadashi selalu menjaga dan melindungi adiknya melalui hasil karyanya yaitu Baymax yang selalu mendampingi dan merawat kesehatan Hiro. Film animasi ini menjelaskan bahwa cinta sebagai saudara, cinta sebagai sahabat, cinta sebagai keluarga merupakan hal terindah yang terus ada di hati setiap manusia untuk terus menjadi “Big Hiro”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuktian Operasi Matriks ^_^

UTS Bimbingan dan Konseling MKDU UPI

Kunci Jawaban Soal Pretes, Postes, dan Jurnal Pelatihan ASN BERAKHLAK 2024 (SISTAPRAJA)