RESENSI FILM

“Keyakinan dan Kepercayaan untuk Sejarah Nasional”
Oleh Hani Nurhasanah

                Judul Film             : National Treasure
                Durasi Film           : 02:05:43

                Harta karun merupakan salah satu benda yang diincar oleh bajak laut. Begitupun di masa sekarang, masih ada keturunan yang memburu harta karun, salah satunya adalah keluarga Brown. Secara turun-temurun keluarga Brown terur mencari harta karun peninggalan nenek moyang mereka dan percaya bahwa ada dan tersimpan di suatu tempat. Kemampuan Brown dalam memecahkan teka-teki harta karun membuat Shaw temannya menjadi tamak akan harta. Shaw menginginkan harta karun yang diincar oleh Brown. Namun harta karun itu meninggalkan teka-teki yang tiada hentinya. Terus meninggalkan pertanyaan-pertanyaan yan tak berujung. Itulah sebabnya ayahnya Brown menghentikan pencarian harta karun, namun malah anaknya yang tiada henti mencari harta karun tersebut tanpa lelah.

Kegiatan yang dilakukan Brown dan teman-temannya merupakan kegiatan illegal karena tidak disetujui oleh pemerintah apalagi teka-teki itu menyebutkan bahwa ada peta tersembunyi di dalam deklarasi kemerdekaan. Hal ini membuat bingung Brown, apakah ia akan mencurinya atau tidak. Di tengah kegundahan tersebut, Shaw langsung bertindak gegabah ia akan mencuri deklarasi kemerdakaan. Mengetahui hal itu, Brown dan Riley melaporkan ke pihak FBI, namun laporan itu tidak digubris sama sekali. Penolakan kasus itu akhirnya mengantarkan Brown kehadapan Dr. Chase yang sama halnya menyukai benda-benda sejarah. Menurutnya sejarah merupakan jati diri yang harus dipahami oleh setiap warga Negara. Departemen Keamanan di Amerika.

Dengan keyakinan dan kepercayaan yang sama akhirnya Brown, Riley, dan Dr. Chase secara diam-diam menelusuri teka-teki menuju harta karun. Berbagai rintangan mereka hadapi. Dari mulai penolakan ayah Brown secara keras untuk membantu, kelompok Shaw yang terus mengejar dan tiada henti mengganggu mereka, dan juga FBI yang sama sekali tidak percaya bahkan ingin menghentikan project mereka. Semua gangguan tersebut tidak mengalahkan semangat Brown. Tapi kesalahan yang fatal menghampiri pemburuan harta karun. Kelompok Shaw berhasil mencuri ide-ide brilian Brown dengan tawanan ayahnya dan Dr. Chase yang ia cintai. Akankah Brown mampu menolong mereka? Dan bagaimana dengan harta karun yang mereka incar? Apakah benar-benar nyata?

Keyakinan akan sejarah nasional mengantarkan Brown dan orang-orang yang ia cintai hidup bahagia. Brown memiliki sebuah rumah yang megah bersama Dr. Chase, sedangkan Riley sahabat Brown mendapatkan mobil yang mewah. Semua ini mereka dapatkan atas dasar ketulusan dan kejujuran untuk mengingatkan kepada masyarakat di Amerika bahwa sejarah itu tidak semuanya bohong. Karena dengan sejarah kita mengetahui mana yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari. J J J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuktian Operasi Matriks ^_^

UTS Bimbingan dan Konseling MKDU UPI

Kunci Jawaban Soal Pretes, Postes, dan Jurnal Pelatihan ASN BERAKHLAK 2024 (SISTAPRAJA)