GERAKAN PEMUDA MASYARAKAT ANTI SISTEM KORUPSI DAN PELINDUNG UMAT
Oleh: Hani Nurhasanah
Pendidikan Matematika A 2012



Judul Film                             : Satyagraha
Penerbit                                : Prakash Jha Production (UTV Motion Pictures)
Durasi                                   : 153 menit
Genre                                    : Drama
Pemain                               : Kareena Kapoor, Amitabh Bachchan, Arjun Rampal, Amrita Rao dan Ajay Devgan.
Film ini menceritakan tentang jeleknya sistem pemerintahan di India. Banyak sekali para pejabat yang egois hanya mementingkan kepentingan pribadi, dan mengeruk kekayaan untuk keuntungan bisnis dari mereka.
“Sistem harus diubah, dan biarkanlah rakyat yang berbicara”. Itulah tujuan dari gerakan rakyat yang dipimpin oleh Daduji. Gerakan ini dibentuk atas kekesalan masyarakat terhadap pemerintah yang terus saja menyengsarakan rakyat bertindak diatas kemauannyan sendiri.
Daduji adalah orang tua dari Akhiles, sahabat Manav seorang pembisnis muda yang kaya raya. Namun  persahabatan itu tidak disetujui oleh Daduji. Ia beranggapan bahwa bisnis hanya mengeruk kekayaan rakyat dan prioritas utamnya adalah uang saja. Pandangan seperti itu bertolak belakang engan pemikiran Manav. Dengan pemikiran yang bertolak belakang inilah tidak ada kecocokan anatara Daduji dengan Manav.

Daduji sedang menasehati para pembisnis yang haus akan harta di daerah lingkungan rumahnya

Suasana tidak baik antara Daduji dengan Manav, sahabat anaknya
Namun takdir berubah. Manav menjadi berubah 180 derajat. Ia rela menafkahkan hartanya demi gerakan masyarakat yang di pimpin oleh Daduji. Hal ini disebabkan karena sahabatnya Akhiles meninggal akibat tindakan yang telah direncanakan oleh pemerintah terhadap proyek Jembatan Layang yang di tangani oleh Sang Arsitek handal yaitu Akhiles. Sebenarnya banyak kebusukan yang terjadi dalam sistem pemerintahan negara ini. Namun apa daya, masyarakat tidak akan mampu mengubah semuanya dengan mudah.
Pada upacara kematian Akhiles datanglah seorang pejabat bernama B.K. Prasad sebagai kepala daerah dan Menteri Balram Singh. Mereka menjanjikan untuk memberi santunan sebesar 2,5 juta rupee. Tapi janji hanya sekedar janji. Telah berbulan-bulan setelah kematiannya Akhiles santunan tidak juga datang. Dan akhirnya Daduji pergi menemui pejabat Prasad dan memberikan tamparan yang setimpal terhadap tindakannya terhadap anaknya dan masyarakat lain yang diberikan harapan palsu akan janjinya.
Kejadian ini membuat Daduji di kurung di dalam penjara, sehingga banyak kalangan yang mendukung gerakan Daduji. Ajun (mantan siswa Daduji yang anarkis), Sumitra (istri Akhiles), Yasmin (Reporter profesional), Manav Raghavendra (sahabat Akhiles), mantan polisi yang jujur, pengacara turut membantu gerakan ini.
Janji perdana menteri akan santunan terhadap keluarga Daduji

Manav yang meninggalakan dan memberikan seluruh hartanya kepada orang-orang yang berhak mendapatkannya

Arjun dan Manav, pemuda Daerah Ambikapoor yang berjuang membela kepentingan masyarakat

Daduji yang menantang para pejabat untuk menghapus file-file korupsi selama 30 hari

Daduji menantang menteri Singh dan pejabat lainnya selama 30 hari untuk menghapus file korupsi di daerah Ambikapur. Apakah pemerintah sanggup melawan aksi gerakan Daduji ini? Apakah gerakan ini mampu mengubah sistem di Daerah Ambikapur? Dan bagaimana sebenarnya cerita kematian Akhiles sang Insinyur? Bagaimana perjalanan dan kisah cinta antara Yasmin dengan Manav dengan kondisi Manav saat ini?

Semua pertanyaan tersebut dapat dijawab jika kita menonton film Satyaghara ini. Pertunjukan, aksi, suasana di Daerah Ambikapur sangat bagus mendukung alur cerita film ini. Kata-kata yang dapat dikutip dari film ini adalah: “Kemarahan pemuda itu sah. Kita adaah harapan dan kekuatan terbesar di negara ini. Dan kemarahan ini memiliki banyak kekuatan sehingga jika kita mengubahnya ke dalam bentuk revolusi itu bisa mencabut sistem yang sangat kuat. Jadi jangan siakan kemarahan ini dengan balas dendam. Belajarlah dan bangun bangsamu! Dengan sekelompok pemuda, buatlah partai dengan prinsip pergerakan anti korup. Dengan begitu negara akan aman dan sejahtera”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuktian Operasi Matriks ^_^

UTS Bimbingan dan Konseling MKDU UPI

Kunci Jawaban Soal Pretes, Postes, dan Jurnal Pelatihan ASN BERAKHLAK 2024 (SISTAPRAJA)