Peristiwa Isra'Miraj

Umumnya ulama sepakat bahwa Isra' itu terjadi satu kali di Makkah yakni setelah Nabi Muhammad diutus menjadi Rasul dan sebelum hijrah ke Madinah.

Isra' adalah perjalanan malam Nabi Muhammad dari Makkah menuju Baitul Maqdis (Al-Aqsa) di Palestina. Sedang mi'raj adalah perjalanan Nabi Muhammad dari Baitul Maqdis (Masjidil Aqsa) ke langit atau sidratul muntaha. Perjalanan yang ditempuh sangat relatif singkat. Kenapa?? Itu karena Allah SWT. telah mempersiapkan kendaraan yaitu Buroq, kendaraan yang digunakan Nabi Muhammad kecepatannya sangatlah kilat.
DALIL ISRA' MI'RAJ

QS Al-Isra' 17:1

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آَيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Peristiwa Isra Mi'raj dinilai sebagai tonggak sejarah peradaban baru manusia. J J. Nabi Muhammad pergi dari langit satu ke langit lainnya yang lebih tinggi. Beliau bertemu dengan nabi-nabi terdahulu diantaranya dengan Abdul Basyar (Nabi Adam), Nabi Ibrahim, Nabi Isa, Nabi Musa dan nabi-nabi yang lainnya.

Di Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad bertemu dengan  Allah SWT. Allah Sang Maha Kuasa menyuruh Nabi untuk mengerjakan 50 waktu shalat untuk dikerjakan beliau dan umatnya. Kemudian beliau turun ke bumi, namun beliau dinasehati oleh nabi-nabi terdahulu agar jangan 50 waktu shalat, dengan alasan kemungkinan umat Nabi Muhammad tidak sanggup memenuhi jumlah tersebut. Nabi Muhammad pun meminta keringanan kepada Allah SWT akan hal itu sehingga menjadi 5 waktu shalat. Sebenarnya nabi-nabi terdahulu menasehati juga Nabi Muhammad untuk lebih sedikit lagi jumlah waktu shalat, lebih sedikit lagi dari 5 waktu shalat, namun Nabi merasa malu untuk kembali meminta keringanan kepada Allah SWT.
Sehingga sampai saat ini kewajiban umat islam untuk menunaikan shalat 5 waktu yaitu Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Dan benar saja umat Nabi Muhammad sampai sekarang saja untuk menjalankan shalat 5 waktu begitu susah. (mudah-mudahan kita bukan termasuk kedalamnya)
Ada beberapa cerita yang menarik, diantaranya:
*      Allah bertanya kepada Nabi, Apa yang paling membanggakan ketika peristiwa Isra Mi’raj, wahai Muhammad?
Nabi Menjawab bahwa 1 hal yaitu yang paling membanggakan yaitu ketika Kau sebut aku dengan sebutan seorang hamba. Karena nabi merasa diakuai oleh Allah sebagai seorang hamba Allah. Maka dari itu, selaku manusia berbanggalah menjadi hamba Allah, jangan hanya bangga memiliki harta di dunia.

*      Nabi Muhammad bertemu dengan seorang nenek tua yang menggunakan perhiasan banyak yang berkilauan. Muhammad bertanya kepada Malaikat Jibril, siapa nenek-nenek itu? Malaikat menjawab sebenarnya Nenek itu adalah gambaran dari dunia saat ini. Dunia saat ini berumur sudah sangat tua. Namun meskipun dunia sudah tua tapi tetap saja menggiurkan dan menggoda kepada para manusia di muka bumi ini. perhiasan hanya bersifat sementara, perhiasan yang paling berharga di dunia yaitu wanita shalehah. Begitu katanya. J

Sumber:





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuktian Operasi Matriks ^_^

UTS Bimbingan dan Konseling MKDU UPI

Kunci Jawaban Soal Pretes, Postes, dan Jurnal Pelatihan ASN BERAKHLAK 2024 (SISTAPRAJA)