UTS Pengelolaan Pendidikan

UTS Pengelolaan Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Matematika A 2012

1. Substansi filsafat adalah kebenaran dan di dunia ini sejatinya memiliki kebenaran dari tiap tingkatan. Jelaskan ada berapa macam kebenaran!
jawab:
Kebenaran berdasarkan dunia filsafat terbagi menjadi 4 kebenaran, yaitu sebagai berikut:
a) Kebenaran Metafisik: yaitu kebenaran yang paling mendasar dan puncak dari seluruh kebenaran yang pernah ada. Harus diterima apa adanya (taken for granted). Kebenaran ii adalah kebenaran yang berasal dari Tuhan Sang Maha Pencipta.
b) Kebenaran Etik: yaitu kebenaran yang merujuk pada perangkat standar atau moral sebagai pegangan perilaku yang harus dilakukan oleh pemegang jabatan. Seseorang dikatakan benar bila berpegang teguh dan melakukan tindakan sesuai dengan perilaku yang harus dilaksanakannya. Kebenaran ini bersumber dari kebenaran metafisik atau norma sosial budaya, komunitas profesi.
c) Kebenaran Logik: yaitu kebenaran hasil konsensus, dianggap benar apabila secara matematis konsisten atau koheren dengan yang telah dilakukan.
d) Kebenaran Empirik: yaitu kebenaran yang teruji dan tahan dari kritik atau falsifikasi. Kebenaran ilmiah yang konsisten dengan kenyataan alam, keilmuan dijastifikasi dan dive rivikasi, serta korespondensi antara teori, fakta, dan kenyataan. 

2. Dalam filsafat, syarat dari sesuatu dapat dikatakan sebagai ilmu ditandai oleh adanya unsur : ontologi, epistomologi, dan aksiologi. Jelaskan unsur-unsur tersebut dalam ilmu pengelolaan pendidikan!
Jawab:
a) Ontologi: Pembahasan tentang hakikat dari administrasi pendidikan dengan ciri-cirinya spesifik atau tentang apa yang dikaji oleh pengelolaan pendidikan sebagai ilmu pengetahuan. Isi tentang apa itu (filsafat) Pengelolaan Pendidikan. Seperti yang kita tau, bahwa di dalam pengelolaan pendidikan itu termuat bagaimana cara mengelola pendidikan secara efektif dan efisien.
b) Epistomologi: Pembahasan secara mendasar tentang bagaimana isi konsep yang membedakannya dengan ilmu lain dan bagaimana cara mendapatkan pengetahuan.
c) Aksiologi: Pembahasan tentang kegunaan atau manfaat dari mempelajari pengelolaan pendidikan. Untuk apa ilmu pengeloaan pendidikan ini digunakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuktian Operasi Matriks ^_^

UTS Bimbingan dan Konseling MKDU UPI

Kunci Jawaban Soal Pretes, Postes, dan Jurnal Pelatihan ASN BERAKHLAK 2024 (SISTAPRAJA)