Kapita Selekta 1

Kapita Selekta 1 adalah mata pelajaran pilihan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dipelajari oleh mahasiswa calon pendidik sebagai persiapan mengajar mata pelajaran di sekolah.

Nah, berikut ini UTS Kapita Selekta 1 yang saya ikuti. Selamat membaca dan semoga bermanfaat. Aamiin. ^^

UJIAN TENGAH SEMESTER
Nama                    : Hani Nurhasanah
NIM                      : 1203077
Mata Kuliah          : Kapita Selekta
Jurusan/Program  : Pendidikan Matematika
Dosen Penguji       : H. Erman, S.Ar, Drs, M.Pd







Didefinisikan dengan jelas artinya telah diketahui atau jelas batasannya. Misalnya kumpulan wanita cantik, pengertian cantik berbeda bagi setiap orang. Penilaian cantik itu relatif. Demikian juga halnya, kumpulan makanan enak maupun hewan yang lucu, tidak didefinisikan dengan jelas. Tapi contoh lain, misalkan wanita yang berumur 9 tahun di kelas III SD Banjar 1 dan hewan herbivora berkaki empat di Ragunan, itu didefinisikan dengan jelas karena jelas batasannya. Sedangkan istilah not defined yaitu tidak ada sesuatu yang memenuhi objek tersebut. Selanjutnya, istilah undefined memiliki pengertian yaitu istilahnya sendiri tidak didefinisikan, tetapi dapat  dideskripsikan contohnya yaitu himpunan, titik, garis, bidang dan sebagainya.

1.      Konsep sudut di SMP dibatasi pada pengertian, jenis dan ukuran sudut!
a)      Bagaimana menyajikan pengertian sudut yang konstektual?
Sebagai contoh yaitu jam dinding yang memiliki jarum pendek dan jarum panjang dan terus berjalan setiap detik. Jarum pendek dan jarum panjang tersebut akan membentuk suatu sudut. Contoh lainnya yaitu seorang atlit lempar cakram harus memperhitungkan sudut lemparannya agar jatuhnya cakram tepat pada tempat yang diharapkan. Jika sudut lemparannya terlalu kecil atau besar, maka cakram tersebut akan jatuh pada tempat yang tidak diharapkan. Sehingga atlet tersebut harus menentukan besar sudut yang menguntungkan. Maka dari itu perlu adanya pembahasan konsep sudut di SMP ini.
b)     Sebutkan pengertian sudut dan jenis sudut dengan bahasa siswa!
§  Sebelumnya siswa disuruh untuk mengamati gambar jam dinding yaitu sebagai berikut:




Dapat disimpulkan bahwa Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh suatu garis ketiga, maka sudut-sudut dalam berseberangan yang terbentuk sama besar.

4.    Buatlah peta konsep (pilih satu saja) untuk himpunan, persamaan, peluang, statistika, segitiga, segiempat, atau bangun ruang sisi datar!




















































Balok pada gambar pertama merupakan balok yang tersusun atas dua lapis dimana setiap lapis terdiri dari 10 kubus satuan. Banyak kubus satuan pada balok tersebut adalah 5 × 2 × 2 = 20 kubus satuan. Karena satu kubus satuan bernilai 1 cm3, maka volume balok tersebut adalah 20 cm3. Berdasarkan uraian tersebut, secara umum, jika balok dengan ukuran rusuk panjang = p, lebar = l, dan tinggi = t, seperti terlihat pada gambar kedua, maka volume balok tersebut adalah volume Balok = panjang × lebar × tinggi = p × l × t






















Sekian.................................................
^^


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuktian Operasi Matriks ^_^

UTS Bimbingan dan Konseling MKDU UPI

Kunci Jawaban Soal Pretes, Postes, dan Jurnal Pelatihan ASN BERAKHLAK 2024 (SISTAPRAJA)