UAS BPM


Rabu, 08 Januari 2014

1.       Anda tentu mengenal beberapa teori belajar yang dikemukakan noleh tokoh-tokoh dibawah ono. Anda diminta menguraikan bagaimana teorinya? Dan bagaimana menerapkan teori belajar tersebut dalam pembelajaran matematika? Jelaskan [Anda cukup menguraikan tiga saja diantara sejumlah ahli di bawah ini]!

2.       Anda memiliki dua buah persegi panjang dengan jumlah kelilingnya adalah 18 cm. Mungkinkah kedua persegi panjang tersebut memiliki luas daerah yang sama? Jika mungkin mengapa? Jika tidak mungkin mengapa? Jelaskan!

3.       MenurutAnda apa yang membedakan antara metode pembelajaran dengan model-model pembelajaran terutama yang diterapkan dalam pembelajaran matematika? Berikan sebuah contoh untuk masing-masing pengertian tersebut! Dan jelaskan sesuai dengan pendapat Anda!

4.       Alat peraga pembelajaran matematika tidak selamanya harus diproduksi di dalam pabrik. Seorang guru bisa membuat alat peraga dengan bahan-bahan lokal yang ada di lingkungannya. Coba Anda ciptakan dan desain alat peraga pada salah satu bidang (aljabar, geometri, statistik, kalkulus, trigonometri, atau bilangan). Kemudian jelaskan bagaimana prosedur penggunaan alat peraga tersebut!

5.       Sebuah wadah (bejana) penampungan air berbentuk seperti pada gambar di bawah ini, anggapalah volume air yang dapat ditampung dalam bejana tersebut adalah 100 liter. Anda diminta untuk menggambarkan grafik yang menghubungkan antara banyaknya air dalam liter (sumbu mendatar) dengan ketinggian air (sumbu tegak). Anggapalah tinggi bejana tersebut adalah 1 meter.
      

      Yang diperlukan adalah kemampuan Anda menggambarkan grafik secara global dalam sistem koordinat di kuadran pertama.


6.       Mungkin anda memiliki kemampuan heuristic dalam pemecahan masalah. Dalam persoalan sederhana dibawah ini Anda diminta menyelesaikan/membuktikan dan memberikan alasan secara rasional dari soal berikut!

JAWABAN


1. Piaget mengemukakan teori belajar bahwa siswa akan menangkap pengetahuan berdasarkan aspek-aspek perkembangan anak tersebut. Aplikasi dalam proses pembelajaran yaitu setiap anak akan memperoleh materi atau bahasan pengetahuan berdasarkan daya tangkap atau pikiran dari anak tersebut. Anak SMP kelas VII merupakan peralihan dari konkret ke abstrak, sehingga guru diharapkan dapat membawa atau mengarahkan pikiran anak ke bahasan atau materi yang akan disampaikan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuktian Operasi Matriks ^_^

UTS Bimbingan dan Konseling MKDU UPI

Kunci Jawaban Soal Pretes, Postes, dan Jurnal Pelatihan ASN BERAKHLAK 2024 (SISTAPRAJA)