UTS Pengelolaan Pendidikan
Matematika A 2012
1. Substansi filsafat adalah kebenaran dan di dunia ini sejatinya
memiliki kebenaran dari tiap tingkatan. Jelaskan ada berapa macam kebenaran!
jawab:
Kebenaran berdasarkan dunia filsafat terbagi menjadi 4 kebenaran,
yaitu sebagai berikut:
a) Kebenaran Metafisik: yaitu kebenaran yang paling mendasar dan
puncak dari seluruh kebenaran yang pernah ada. Harus diterima apa adanya (taken
for granted). Kebenaran ii adalah kebenaran yang berasal dari Tuhan
Sang Maha Pencipta.
b) Kebenaran Etik: yaitu kebenaran yang merujuk pada perangkat
standar atau moral sebagai pegangan perilaku yang harus dilakukan oleh pemegang
jabatan. Seseorang dikatakan benar bila berpegang teguh dan melakukan tindakan
sesuai dengan perilaku yang harus dilaksanakannya. Kebenaran ini bersumber dari
kebenaran metafisik atau norma sosial budaya, komunitas profesi.
c) Kebenaran Logik: yaitu kebenaran hasil konsensus, dianggap
benar apabila secara matematis konsisten atau koheren dengan yang telah
dilakukan.
d) Kebenaran Empirik: yaitu kebenaran yang teruji dan tahan dari
kritik atau falsifikasi. Kebenaran ilmiah yang konsisten dengan kenyataan alam,
keilmuan dijastifikasi dan dive rivikasi, serta korespondensi antara teori,
fakta, dan kenyataan.
2. Dalam filsafat, syarat dari sesuatu dapat dikatakan sebagai ilmu ditandai oleh adanya unsur : ontologi, epistomologi, dan aksiologi. Jelaskan unsur-unsur tersebut dalam ilmu pengelolaan pendidikan!
Jawab:
a) Ontologi: Pembahasan tentang hakikat dari administrasi pendidikan dengan ciri-cirinya spesifik atau tentang apa yang dikaji oleh pengelolaan pendidikan sebagai ilmu pengetahuan. Isi tentang apa itu (filsafat) Pengelolaan Pendidikan. Seperti yang kita tau, bahwa di dalam pengelolaan pendidikan itu termuat bagaimana cara mengelola pendidikan secara efektif dan efisien.
b) Epistomologi: Pembahasan secara mendasar tentang bagaimana isi konsep yang membedakannya dengan ilmu lain dan bagaimana cara mendapatkan pengetahuan.
c) Aksiologi: Pembahasan tentang kegunaan atau manfaat dari mempelajari pengelolaan pendidikan. Untuk apa ilmu pengeloaan pendidikan ini digunakan.
b) Epistomologi: Pembahasan secara mendasar tentang bagaimana isi konsep yang membedakannya dengan ilmu lain dan bagaimana cara mendapatkan pengetahuan.
c) Aksiologi: Pembahasan tentang kegunaan atau manfaat dari mempelajari pengelolaan pendidikan. Untuk apa ilmu pengeloaan pendidikan ini digunakan.
Komentar