UAS BPM
Rabu, 08 Januari 2014
1.
Anda tentu mengenal beberapa teori belajar yang
dikemukakan noleh tokoh-tokoh dibawah ono. Anda diminta menguraikan bagaimana
teorinya? Dan bagaimana menerapkan teori belajar tersebut dalam pembelajaran
matematika? Jelaskan [Anda cukup menguraikan tiga saja diantara sejumlah ahli
di bawah ini]!
2.
Anda memiliki dua buah persegi panjang dengan jumlah
kelilingnya adalah 18 cm. Mungkinkah kedua persegi panjang tersebut memiliki
luas daerah yang sama? Jika mungkin mengapa? Jika tidak mungkin mengapa?
Jelaskan!
3.
MenurutAnda apa yang membedakan antara metode
pembelajaran dengan model-model pembelajaran terutama yang diterapkan dalam
pembelajaran matematika? Berikan sebuah contoh untuk masing-masing pengertian
tersebut! Dan jelaskan sesuai dengan pendapat Anda!
4.
Alat peraga pembelajaran matematika tidak selamanya harus
diproduksi di dalam pabrik. Seorang guru bisa membuat alat peraga dengan
bahan-bahan lokal yang ada di lingkungannya. Coba Anda ciptakan dan desain alat
peraga pada salah satu bidang (aljabar, geometri, statistik, kalkulus,
trigonometri, atau bilangan). Kemudian jelaskan bagaimana prosedur penggunaan
alat peraga tersebut!
5.
Sebuah wadah (bejana) penampungan air berbentuk seperti
pada gambar di bawah ini, anggapalah volume air yang dapat ditampung dalam
bejana tersebut adalah 100 liter. Anda diminta untuk menggambarkan grafik yang
menghubungkan antara banyaknya air dalam liter (sumbu mendatar) dengan
ketinggian air (sumbu tegak). Anggapalah tinggi bejana tersebut adalah 1 meter.
Yang
diperlukan adalah kemampuan Anda menggambarkan grafik secara global dalam
sistem koordinat di kuadran pertama.
6.
Mungkin anda memiliki kemampuan heuristic dalam pemecahan
masalah. Dalam persoalan sederhana dibawah ini Anda diminta
menyelesaikan/membuktikan dan memberikan alasan secara rasional dari soal
berikut!
JAWABAN
1. Piaget mengemukakan teori belajar bahwa siswa akan menangkap pengetahuan berdasarkan aspek-aspek perkembangan anak tersebut. Aplikasi dalam proses pembelajaran yaitu setiap anak akan memperoleh materi atau bahasan pengetahuan berdasarkan daya tangkap atau pikiran dari anak tersebut. Anak SMP kelas VII merupakan peralihan dari konkret ke abstrak, sehingga guru diharapkan dapat membawa atau mengarahkan pikiran anak ke bahasan atau materi yang akan disampaikan.
JAWABAN
1. Piaget mengemukakan teori belajar bahwa siswa akan menangkap pengetahuan berdasarkan aspek-aspek perkembangan anak tersebut. Aplikasi dalam proses pembelajaran yaitu setiap anak akan memperoleh materi atau bahasan pengetahuan berdasarkan daya tangkap atau pikiran dari anak tersebut. Anak SMP kelas VII merupakan peralihan dari konkret ke abstrak, sehingga guru diharapkan dapat membawa atau mengarahkan pikiran anak ke bahasan atau materi yang akan disampaikan.
Komentar